Standar Isi Mata Pelajaran SKI MI

Standar Kompetensi : 4. Mengenal sejarah khalifah Ali Ibn Abi Thalib (RA)
Kompetensi Dasar    : 4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian dan perjuangan khalifah Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.2 Menunjukkan contoh-contoh positif dari khalifah Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari khalifah Ali Ibn Abi Thalib (RA)
1.      Indikator              :
4.1.1. Menyebutkan julukan Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.1.2. Menyebutkan nama ayah, ibu dan istri Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.1.3. Menyebutkan asal suku Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.1.4. Menjelaskan sifat-sifat Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.1.5. Menceritakan keterlibatan Ali Ibn Abi Thalib (RA) dalam menghadapi kaum kafir Qurais
4.2.1. Menceritakan ketekunan Ali Ibn Abu Thalib (RA) dalam menuntut ilmu pengetahuan
4.2.2. Menunjukkan contoh-contoh kebijakan-kebijakan khalifah Ali Ibn Abu Thalib (RA) dalam menyatukan kembali kesatuan umat Islam
4.3.1. Menunjukkan sikap / perilaku semangat dalam menuntut ilmu
4.3.2. Membiasakan contoh perilaku nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali Ibn Abi Thalib (RA)
2.      Telaah SK-KD
a.      Kesesuaian dengan kelas yang dimaksud
Dalam standar isi ini, materi yang disampaikan untuk kelas VI semester II sudah sesuai dengan segala perkembangan peserta didik, baik perkembangan psikologis dan fisik peserta didik. Hal tersebut mampu membuat peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru,  baik dari hal menjelaskan, menceritakan, membiasakan dan menunjukkan kembali berbagai gambaran yang telah disampaikan, dalam hal ini yaitu mengenai Khalifah Ali Ibn Abi Thalib baik dalam silsilah, kepribadian dan sejarahnya, sikap-sikap positifnya dan segala hal yang harus diteladani.
b.      Kesesuaian isi (konten)
Isi dari mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam ini sudah sesuai dengan standar isi, yang di mana materinya tentang sejarah kebudayaan Islam baik di Arab maupun di Indonesia. Dalam kesesuaiannya ini sudah mencakup dalam berbagai aspek yang dibutuhkan peserta didik, baik dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Dalam menunjang keberhasilan peserta didik dalam memahami suatu materi tersebut, maka aspek yang tertera dalam SK-KD itu harus digunakan.
c.       Pendekatan pembelajaran yang digunakan
1.      Metode pembelajaran
¨      Ceramah
¨      Diskusi
¨      Tanya jawab
¨      CTL (Contextual Teaching and Learning)
¨      Penugasan
2.      Kegiatan pembelajaran
a.      Pendahuluan
Ø  Guru memulai pelajaran dengan membaca basmallah.
Ø  Guru melakukan presensi.
Ø  Guru menjelaskan dengan singkat tentang materi yang akan disampaikan dan tujuan yang harus dicapai.
Ø  Guru memotivasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran.
b.      Kegiatan inti
1)      Eksplorasi
Ø  Guru memberikan pengantar materi pelajaran.
Ø  Peserta didik berkelompok untuk berdiskusi materi yang ada di dalam buku paket.
Ø  Guru membagikan lembar kegiatan peserta didik sebagai pedoman kegiatan yang akan dilakukan peserta didik di dalam kelompoknya.
2)      Elaborasi
Ø  Guru menugaskan peserta didik untuk mengungkapkan pendapatnya tentang khulafaur ar-rasyidin.
Ø  Guru menjelaskan tentang khulafaur ar-rasyidin.
Ø  Guru member kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya materi yang belum jelas.
Ø  Guru membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
3)      Konfirmasi
Ø  Peserta didik merefleksi kegiatan pembelajaran untuk menggali pengalaman belajar yang sudah dipelajari.
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi lebih jauh tentang materi.
Ø  Guru memotivasi peserta didik yang kurang aktif.
c.       Kegiatan penutup
Ø  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
Ø  Guru member umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan.
Ø  Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
d.      Media yang digunakan
Ø  Lembar Kerja Peserta Didik
Ø  Black Board
Ø  Buku Paket SKI Kelas 6 MI
e.       Evaluasi dan scoring
Indikator
Penilaian
Tekhnik penilaian
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
4.1.1. Menyebutkan julukan Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.1.2. Menyebutkan nama ayah, ibu dan istri Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.1.3. Menyebutkan asal suku Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.1.4. Menjelaskan sifat-sifat Ali Ibn Abi Thalib (RA)
4.1.5. Menceritakan keterlibatan Ali Ibn Abi Thalib (RA) dalam menghadapi kaum kafir Qurais
4.2.1. Menceritakan ketekunan Ali Ibn Abu Thalib (RA) dalam menuntut ilmu pengetahuan
4.2.2. Menunjukkan contoh-contoh kebijakan-kebijakan khalifah Ali Ibn Abu Thalib (RA) dalam menyatukan kembali kesatuan umat Islam
4.3.1. Menunjukkan sikap / perilaku semangat dalam menuntut ilmu
4.3.2. Membiasakan contoh perilaku nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali Ibn Abi Thalib (RA)
Tes tertulis


Tes tertulis


Tes tertulis

Tes tertulis

Performance



Performance
Uraian


Uraian


Uraian

Uraian


1.   Apa Julukan Yang Diberikan Nabi Muhammad Kepada Ali Ibn Abi Thalib (RA)?
2.   Tahun Berapa Ali Ibn Abi Thalib (RA) Masuk Islam?
3.   Jelaskan Kebijakan-Kebijakan Khalifah Ali Ibn Abu Thalib (RA) Dalam Menyatukan Kembali Kesatuan Umat Islam!
4.   Jelaskan latar belakang khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam!
5.   Pertempuran Apa Saja Yang Diikuti Khalifah Ali Ibn Abu Thalib (RA) Pada Masa Nabi Muhammad SAW?

Ø  Tes Proses (Afektif)
No.
Indikator
Nilai
1
2
3
1.
Keaktifan peserta didik dalam berdiskusi



2.
Keaktifan peserta didik dalam mengisi lembar kerja



3.
Keaktifan peserta didik dalam mempresentasikan hasil diskusi



4.
Tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran




Standar Isi Mata Pelajaran SKI MI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Robin Van Murdock

0 komentar:

Post a Comment