TOKOH EKONOMI


Joseph Schumpeter lahir dari keluarga kelas menengah di Triesch, Moravia yang kini menjadi bagian dari Republik Chechnya pada tahun 1883, dan wafat pada tahun 1950. Schumpeter adalah salah seorang dari ahli ekonomi yang pertama kali mempelajari siklus bisnis, yaitu fluktuasi regular yang dialami oleh ekonomi.
Schumpeter dalam karya awalnya, berpendapat bahwa inovasi dibentuk oleh kekuatan ekonomi di dalam perusahaan yang besar. Ia berpendapat bahwa inovasi adalah kegiatan kreatif yang tidak bisa dijelaskan atau dipahami sebagai hasil dari proses pemikiran rasional. Agen inovasi dan penemu adalah pengusaha atau wiraswasta yang merupakan individu yang bersedia mengambil risiko. Dan agar para pengusaha berhasil, maka mereka harus mencetak dan membentuk selera konsumen.
Preferensi konsumen tersebut mengakibatkan produksi dan inovasi, namun sebaliknya inovasi menghasilkan barang dan jasa baru yang ditolak atau yang sesuai dengan selera konsumen. Penemuan dan inovasi oleh pengusaha menurut Schumpeter merupakan kekuatan penggerak di balik siklus ekonomi yang panjang. Penemuan yang disokong dengan kredit bank, menghasilkan inovasi dan meningkatkan kekayaan.

TOKOH EKONOMI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ROBINN

0 komentar:

Post a Comment