HIERARKI ILMU

HIERARKI ILMU
Fakta merupakan dalam kehidupan manusia sehari-hari kita dapat melihat dan menemukan suatu kejadian atau keadaan yang nyata. Konsep mmerupakan adalah suatu kesepakatan bersama untuk penamaan sesuatu dan merupakan alat intelektual yang membantu kegiatan berfikir dan memecahkan masalah. Generalisasi berasal dari kata “general” yang berarti umum dari suatu gejala atau informasi yang kita terima yang didukung oleh data, fakta yang ada. sedangkan teori adalah serangkaian bagian atau variabel,definisi, dan bukti yang saling berhubngan, menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, teori bermaksud menjelaskan fenomena alamiah.
Fakta merupakan salah satu bahan kajian yang amat penting dalam IPS dan fakta juga merupakan salah satu materi yang dikaji dalam IPS, dengan fakta yang ada kita dapat menyimpulkan sesuatu atau beberapa peristiwa yang pernah terjadi.
Konsep dalam IPS, IPS sebagai bidang kajian terdiri dari konsep dasar sejarah, geografi terdiri dari konsep lokasi. Setelah dikemukakan sejumlah konsep dasar ilmu sosial yang membangun bahan kajian IPS, maka jelas bagi kita bahwa kedudukan konsep IPS merupakan bahan kajian utama untuk menelaah berbagai masalah sosial yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Generalisasi dalam IPS, keterkaitan dan kedudukan atau peranan generalisasi dalam IPS sudah diawali sejak pengumpulan fakta atau data membentuk suatu konsep dan akhirnya membuat suatu generalisasi. Dengan demikian hal tersebut merupakan suatu rangkaian keseluruhan yang satu sama lain tidak dapat dipisahkan dalam rangka membentuk teori ilmu pengetahuan termasuk IPS.
Teori dalam IPS, menurut Neuman memberikan pengertian teori sosial sebagai sebuah sistem dari keterkaitan abstraksi atau ide-ide yang meringkas dan mengoorganisasikan pengetahuan tentang dunia sosial.

0 Response to "HIERARKI ILMU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel