HAKIKAT IPS
Thursday, July 18, 2013
Add Comment
HAKIKAT IPS
Pemikiran mengenai konsep pendidikan IPS di Indonesia banyak
dipengaruhioleh pemikiran “Sosial Studies” di amerika serikat sebagai
salah satu negara yang memiliki masalah panjang dan reputasi akademis yang
signifikan dalam bidang itu. Reputasi tersebut tampak dalam perkembangan
pemikiran mengenai bidang itu seperti dapat
disimak dari berbagai karya akademis yang antara lain dipublikasikan oleh National
Council for the Social Studies (NCSS).
Dilihat dari perkembangnnya, saat ini IPS terpilah dalam dua arah
yakni; pertama, IPS untuk dunia persekolahan yang pada dasarnya merupakan
penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, yang diorganisasikan secara
psikopedagogis untuk tujuan pendidikan persekolahan, kedua; IPS untuk perguruan
tinggi pendidikan guru IPS yang pada dasarnya merupakan penyelesaian dan
pengorganisasian secara ilmiah dan psiko-pedagogis dari ilmu-ilmu sosial,
humaniora, dan disiplin lain yang relevan, untuk tujuan pendidikan professional
guru IPS.
Tujuan PIPS adalah untuk mewujudkan keberhasilan masyarakat,
anggota masyarakat yang sukses bermasyarakat dan menjadi warga negara yang
demokratis. Jadi metode yang harus digunakan untuk PIPS harus benar dan tepat
agar peran PIPS berjalan dengan baik yaitu mendidik setiap anggota masyarakat
di sekolah dan di masyarakat.
Anggota masyarakat yang memiliki PIPS diharapkan setiap hari dapat berpartisipasi
aktif, mengupas secara kritis, membahas masalah masyarakat, mengolah cara
kerja, mengikuti pemilu, mengetahui sifat dasar ekonomi dan setia pada negara,
menunjukkan nilai-nilai agama melalui mengamalkan ibadah ritual dan tingkah
laku anggota masyarakat yang shaleh dan berfikir kritis.
0 Response to "HAKIKAT IPS"
Post a Comment