HAKEKAT TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

HAKEKAT TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
  1. Pengertian Pendidikan Islam
Istilah pendidikan dalam kontek Islam pada umumnya mengacu pada term al-tarbiyah, al-ta’dib, dan  al-ta’lim. Sedangkan pendidikan Islam adalah suatu system yang memungkinkan seseorang (peserta didik) dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan ideologi Islam. (Sam Il Nizar, 2002:32)
  1. Tugas dan Fungsi Pendidikan Islam
Tugas pendidikan Islam setidaknya dapat dilihat dari tiga pendekatan, yaitu:
Ø  Pendidikan Islam sebagai pengembangan potensi tugasnya adalah menemukan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki peserta didik, sehingga dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,
Ø  Pendidikan Islam sebagai pewarisan budaya tugasnya adalah alat transmisi unsur-unsur pokok budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya, sehingga identitas umat tetap terpelihara dan terjamin dalam tantangan zaman.
Ø  Pendidikan Islam sebagai interaksi antara potensi dan budaya tugasnya adalah sebagai proses transaksi (member dan mengadopsi) antara manusia dan linkungannya.
Bila dilihat secara operasional, fungsi pendidikan dapat dilihat dari dua bentuk, yaitu:
Ø  Alat untuk memelihara, memperluas, dan menghubungkan tingkat-tingkat kebudayaan. Nilai-nilai tradisi dan sosial, serta ide-ide masyarakat dan nasional.
Ø  Alat untuk mengadakan perubahan, inovasi, dan perkembangan. Pada garis besarnya, upaya ini dilakukan melalui potensi ilmu pengetahuan dan skill yang dimiliki, serta melatih tenag-tenaga manusia yang poduktif dalam menemukan pertimbangan perubahan social dan ekonomi yang demikian dinamis.
  1. Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam
Dasar pendidikan Islam menurut Sa’id Ismail Ali terdiri atas 6 macam yaitu: Al-Qur’an, As-Sunnah, Qaul Al-Sahabat, Masalih Al-Mursalah, ‘Urf dan pemikiran hasil ijtihad intelektual muslim. Seluruh rangkaian tersebut secara hirarki menjadi pelaksanaan system pendidikan Islam.
Dalam merumuskan tujuan pendidikan Isalm, paling tidak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
Ø  Tujuan dan tugas manusia di muka bumi, baik secara vertical dan horizontal
Ø  Sifat-sifat manusia
Ø  Tuntutan masyarakat dan dinamika peradaban kemanusiaan
Dimensi-dimensi kehidupan ideal Islam. Dalam aspek ini, setidaknya ada 3 maam dimensi ideal, yaitu: (a) mengandung nilai yang berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup manusia di bumi, (b) mengandung nilai yang mendorong manusia berusaha keras umtuk meraih kehidupan yang baik, (c) mengandung nilai yang dapat memadukan antara kepentingan dunia dan akhirat.

0 Response to "HAKEKAT TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel