GERAKAN BULAN

GERAKAN BULAN

Rotasi Bulan
Perputaran bulan pada porosnya disebut rotasi bulan. Untuk satu kali rotasi, bulan membutuhkan waktu sebulan (29½ hari). Rotasi bulan tidak memberikan pengaruh apapun terhadap kehidupan bumi.

Revolusi Bulan
Sebagai satelit bumi, bulan bergerak mengelilingi bumi. Gerakan bulan mengelilingi disebut disebut revolusi bulan. Waktu yang diperlukan bulan untuk satu kali revolusi adalah sebulan (29½ hari).
Bulan tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya bulan sebenarnya adalah cahaya pantulan dari matahari. Bagian bulan yang tampak dari bumi adalah bagian permukaan bulan yang terkena sinar matahari. Saat berevolusi, luas bagian bulan yang terkena matahari berubah-ubah. Oleh karena itu, bentuk bulan dilihat dari bumi juga berubah-ubah. Perubahan bentuk bulan itu disebut fase-fase bulan.
Dalam sekali revolusi, bulan mengalami delapan fase. Apabila dirata-rata, setiap fase bulan berlangsung kurang lebih 3-4 hari. Berikut ini adalah fase-fase bulan.
- Hari pertama
Bulan berada pada posisi 0⁰. Bagian bulan yang tidak terkena sinar matahari menghadap ke bumi. Akibatnya, bulan tidak tampak dari bumi. Fase ini disebut bulan baru.
- Hari keempat
Bulan berada pada posisi 45⁰. Dilihat dari bumi, bulan tampak melengkung seperti sabit. Fase ini disebut bula sabit.
- Hari kedelapan
Bulan berada pada posisi 90⁰. Dilihat dari bumi, bulan tampak berbentuk setengah lingkaran. Fase ini disebut bulan paruh.
- Hari kesebelas
Bulan berada pada posisi 135⁰. Dilihat dari bumi, bulan tampak seperti cakram. Fase ini disebut bulan cembung.
- Hari keempat belas
Bulan berada pada posisi 180⁰. Pada posisi ini, bulan tampak seperti lingkaran penuh. Fase ini disebut bulan purnama atau bulan penuh.
- Hari ketujuh belas
Bulan pada posisi 270⁰. Penampakan bulan sama dengan bulan pada posisi 90⁰. Bulan tampak berbentuk setengah lingkaran.
- Hari kedua puluh
Bulan berada pada posisi 315⁰. Penampakan bulan pada posisi ini sama dengan posisi bulan pada 45⁰. Bulan tampak berbentuk seperti sabit. Selanjutnya bulan akan kembali ke kedudukan semula, yaiutu bulan mati. Posisi bulan mati sama dengan posisi bulan. Bedanya, bulan baru menunjukkan fase awal, sedangkan bulan mati menunjukkan fase akhir.

0 Response to "GERAKAN BULAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel