PRINSIP-PRINSIP PENERAPAN PAIKEM

PRINSIP-PRINSIP PENERAPAN PAIKEM

Beberapa prinsip yang harus diperhatikan ketika pendidik atau guru dalam menerapkan PAIKEM adalah sebagai berikut:

1.       Memahami sifat peserta didik
Pada dasarnya peserta didik memiliki sifat ingin tahu atau berimajinasi. Kedua sifat ini merupakan modal dasar bagi berkembangnya sikap atau berpikir kritis dan kreatif. Untuk itu kegiatan pembelajaran harus dirancang menjadi lahan yang subur bagi berkembangnya kedua sifat tersebut.
2.       Mengenal peserta didik secara perorangan
Peserta didik berasal dari latar belakang dan kemampuan yang berbeda. Perbedaan individu harus diperhatikan dan harus tercermin dalam pembelajaran. Semua peserta didik dalam kelas tidak harus selalu mengerjakan kegiatan yang sama, melainkan berbeda sesuai dengan kemampuan kecepatan belajarnya. Peserta didik yang memiliki kemampuan lebih dapat membantu temannya yang lemah (tutor sebaya).
3.       Memanfaatkan perilkau peserta didik dalam pengorganisasian belajar
Peserta didik secara alami bermain secara berpasang atau kelompok. Perilaku yang demikian dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pengorganisasian kelas. Dengan berkelompok akan memudahkan mereka untuk berinteraksi atau bertukar pikiran
4.       Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta mampu memecahkan masalah
Pada dasarnya hidup adalah memecahkan masalah, untuk itu peserta didik perlu dibekali kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk menganalisis masalah, dan kreatif untuk melahirkan alternative pemecahan masalah
5.       Menciptakan ruangan kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik
Ruangan kelas yang menarik sangat disarankan dalam PAIKEM. Hasil pekerjaan peserta didik sebaiknya dipajang di dalam kelas, karena dapat memotivasi peserta didik untuk bekerja lebih baik dan menimbulkan inspirasi bagi peserta didik yang lain. Selain itu pajangan dapat juga dijadikan bahan ketika membahas pelajaran yang lain
6.       Memanfaatkan lingkungan sebagai lingkungan belajar
Lingkungan (fisik, social, budaya) merupakan sumber yang sangat kaya untuk bahan belajar peserta didik. Lingkungan peserta didik dapat sebagai media belajar serta objek belajar peserta didik
7.       Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan
Pemberian umpan balik dari guru kepada peserta didik merupakan suatu interaksi antara guru dan peserta didik. Umpan balik hendaknya lebih mengungkapkan kekuatan dan kelebihan peserta didik daripada kelemahannya. Umpan balik juga harus dilakukan secara santun dan elegan sehingga tidak meremehkan dan menurunkan motivasi
8.       Membedakan antara aktif, fisik dengan aktif mental
Dalam pembelajaran PAIKEM, aktif secara mental lebih diinginkan  daripada aktif fisik. Karena itu, aktifitas sering bertanya, mempertanyakan gagasan orang lain, mengemukakan gagasan merupakan tanda-tanda  aktif mental (DBE USAID, 2007).


0 Response to "PRINSIP-PRINSIP PENERAPAN PAIKEM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel