PRINSIP-PRINSIP PENERAPAN PAIKEM
Monday, April 14, 2014
Add Comment
PRINSIP-PRINSIP PENERAPAN
PAIKEM
Beberapa prinsip yang harus
diperhatikan ketika pendidik atau guru dalam menerapkan PAIKEM adalah sebagai
berikut:
1.
Memahami sifat peserta
didik
Pada dasarnya peserta didik memiliki sifat ingin tahu
atau berimajinasi. Kedua sifat ini merupakan modal dasar bagi berkembangnya
sikap atau berpikir kritis dan kreatif. Untuk itu kegiatan pembelajaran harus
dirancang menjadi lahan yang subur bagi berkembangnya kedua sifat tersebut.
2.
Mengenal peserta didik
secara perorangan
Peserta didik berasal dari latar belakang dan
kemampuan yang berbeda. Perbedaan individu harus diperhatikan dan harus
tercermin dalam pembelajaran. Semua peserta didik dalam kelas tidak harus
selalu mengerjakan kegiatan yang sama, melainkan berbeda sesuai dengan
kemampuan kecepatan belajarnya. Peserta didik yang memiliki kemampuan lebih
dapat membantu temannya yang lemah (tutor sebaya).
3.
Memanfaatkan perilkau
peserta didik dalam pengorganisasian belajar
Peserta didik secara alami bermain secara berpasang
atau kelompok. Perilaku yang demikian dapat dimanfaatkan oleh guru dalam
pengorganisasian kelas. Dengan berkelompok akan memudahkan mereka untuk
berinteraksi atau bertukar pikiran
4.
Mengembangkan kemampuan
berpikir kritis dan kreatif serta mampu memecahkan masalah
Pada dasarnya hidup adalah memecahkan masalah, untuk itu
peserta didik perlu dibekali kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk
menganalisis masalah, dan kreatif untuk melahirkan alternative pemecahan
masalah
5.
Menciptakan ruangan kelas
sebagai lingkungan belajar yang menarik
Ruangan kelas yang menarik sangat disarankan dalam
PAIKEM. Hasil pekerjaan peserta didik sebaiknya dipajang di dalam kelas, karena
dapat memotivasi peserta didik untuk bekerja lebih baik dan menimbulkan
inspirasi bagi peserta didik yang lain. Selain itu pajangan dapat juga
dijadikan bahan ketika membahas pelajaran yang lain
6.
Memanfaatkan lingkungan
sebagai lingkungan belajar
Lingkungan (fisik, social, budaya) merupakan sumber
yang sangat kaya untuk bahan belajar peserta didik. Lingkungan peserta didik
dapat sebagai media belajar serta objek belajar peserta didik
7.
Memberikan umpan balik yang
baik untuk meningkatkan kegiatan
Pemberian umpan balik dari guru kepada peserta didik
merupakan suatu interaksi antara guru dan peserta didik. Umpan balik hendaknya
lebih mengungkapkan kekuatan dan kelebihan peserta didik daripada kelemahannya.
Umpan balik juga harus dilakukan secara santun dan elegan sehingga tidak
meremehkan dan menurunkan motivasi
8.
Membedakan antara aktif, fisik
dengan aktif mental
Dalam pembelajaran PAIKEM, aktif secara mental lebih diinginkan
daripada aktif fisik. Karena itu, aktifitas
sering bertanya, mempertanyakan gagasan orang lain, mengemukakan gagasan
merupakan tanda-tanda aktif mental (DBE
USAID, 2007).
0 Response to "PRINSIP-PRINSIP PENERAPAN PAIKEM"
Post a Comment