STRATEGI PEMBELAJARAN IKHTIYAR AL-JUMAL (MEMILIH KALIMAT SEMPURNA)
Wednesday, July 9, 2014
Add Comment
Strategi ini menuntut
peserta didik agar lebih cermat dalam memilih antara kalimat yang salah dan
kalimat yang benar. Strategi ini berguna unuk menggugah sense of language
peserta didik terhadap struktur kalimat bahasa Arab.
Langkah-langkahnya
sebagai berikut:
1. Guru telah membuat
kalimat ada yang salah dan ada kalimat yang benar dalam potongan kertas.
Kemudian potongan-potongan kertas ini diacak.
2. Peserta didik dibagi
dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diberi antara 10-20 potongan
kertas yang berisi kalimat salah dan benar, misalnya:
- Al-sa’at al-an
Asyrah
- Ya ali, fi ayyi
masjid tuhalli?
- Al-thalibat yaqra’
al-majalah
- Aina tadzhabina ya
Ahmad?
- Li madza yaqra’
shafhan katsiran ya Ali?
- Hal al-madrasat
ba’idun an al-bait?
- Al-muslim yashum fi
syahr ramadhan
- Nahwu natakllam
al-lughat al-arabiyah fi al-jam’iah
- Ummi tadzhabina il
al-suq
- Hunna ya’lamma
nidham al-madrasah
3. Peserta didik diminta
memilih kalimat yang salah dan yang benar
4. Guru memeriksa hasil
kerja peserta didik, bila ada yang salah bisa menanyakan kenapa anda meletakkan
pada posisi tersebut.
5. Akhiri dengan mendiskusikan kalimat-kalimat yang
salah dan bagaimana membenarkannya.
0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN IKHTIYAR AL-JUMAL (MEMILIH KALIMAT SEMPURNA)"
Post a Comment