STRATEGI PEMBELAJARAN IKHTIYAR AL-JUMAL (MEMILIH KALIMAT SEMPURNA)


Strategi ini menuntut peserta didik agar lebih cermat dalam memilih antara kalimat yang salah dan kalimat yang benar. Strategi ini berguna unuk menggugah sense of language peserta didik terhadap struktur kalimat bahasa Arab.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Guru telah membuat kalimat ada yang salah dan ada kalimat yang benar dalam potongan kertas. Kemudian potongan-potongan kertas ini diacak.
2. Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diberi antara 10-20 potongan kertas yang berisi kalimat salah dan benar, misalnya:
- Al-sa’at al-an Asyrah
- Ya ali, fi ayyi masjid tuhalli?
- Al-thalibat yaqra’ al-majalah
- Aina tadzhabina ya Ahmad?
- Li madza yaqra’ shafhan katsiran ya Ali?
- Hal al-madrasat ba’idun an al-bait?
- Al-muslim yashum fi syahr ramadhan
- Nahwu natakllam al-lughat al-arabiyah fi al-jam’iah
- Ummi tadzhabina il al-suq
- Hunna ya’lamma nidham al-madrasah
3. Peserta didik diminta memilih kalimat yang salah dan yang benar
4. Guru memeriksa hasil kerja peserta didik, bila ada yang salah bisa menanyakan kenapa anda meletakkan pada posisi tersebut.
5. Akhiri dengan mendiskusikan kalimat-kalimat yang salah dan bagaimana membenarkannya.

0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN IKHTIYAR AL-JUMAL (MEMILIH KALIMAT SEMPURNA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel