STRATEGI PEMBELAJARAN TAHLIL AL-AKHTA’ (ANALISIS KESALAHAN)
Wednesday, July 9, 2014
Add Comment
Strategi ini menuntut
kecermatan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan pada
gramatika bahasa Arab, kemudian mereka dituntut untuk membenarkannya.
Langkah-langkahnya
sebagai berikut:
- Peserta didik diminta menulis sebuah karangan pendek sesuai dengan topic yang dibahas.
- Setelah dikoreksi, guru mengidentifikasi dan mengklasifikasi mana kesalahan umum yang berfrekuensi tinggi (common mistake) serta mana yang merupakan kesalahan individual (yang melakukan kesalahan tersebut jumlahnya sedikit).
- Peserta didik diminta menganalisa secara bersama-sama kesalahan yang berfrekuensi tinggi.
- Guru menjelaskan letak kesalahan dan membenarkannya secara hukum qawa’id.
- Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.
0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN TAHLIL AL-AKHTA’ (ANALISIS KESALAHAN)"
Post a Comment