STRATEGI PEMBELAJARAN TAHLIL AL-AKHTA’ (ANALISIS KESALAHAN)


Strategi ini menuntut kecermatan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan pada gramatika bahasa Arab, kemudian mereka dituntut untuk membenarkannya.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Peserta didik diminta menulis sebuah karangan pendek sesuai dengan topic yang dibahas.
  2. Setelah dikoreksi, guru mengidentifikasi dan mengklasifikasi mana kesalahan umum yang berfrekuensi tinggi (common mistake) serta mana yang merupakan kesalahan individual (yang melakukan kesalahan tersebut jumlahnya sedikit).
  3. Peserta didik diminta menganalisa secara bersama-sama kesalahan yang berfrekuensi tinggi.
  4. Guru menjelaskan letak kesalahan dan membenarkannya secara hukum qawa’id.
  5. Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.

0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN TAHLIL AL-AKHTA’ (ANALISIS KESALAHAN)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel