STRATEGI PEMBELAJARAN MUQARANAT AL-NASH (PERBANDINGAN TEKS)


Tujuan strategi pembelajaran ini adalah agar peserta didik mampu membedakan dua tulisan yang berbeda polanya (misalnya salah satunya menggunakan jumlah fi’liyah dan lainnya menggunakan jumlah ismiyah) namun temanya sama. Kajiannya lebih difokuskan pada unsure gramatika bahasanya.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Guru memberikan teks yang berbeda namun temanya sama, misalnya dari majalah, surat kabar, buku dan lain-lain.
  2. Peserta didik dibagi beberapa kelompok.
  3. Masing-masing kelompok diminta untuk mencari perbedaan teks-teks di atas pada unsur gramatikanya.
  4. Diskusikan bersama-sama hasil perbandingan yang telah dilakukan peserta didik bersama-sama secara runtut dan logis.
  5. Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.

0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN MUQARANAT AL-NASH (PERBANDINGAN TEKS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel