STRATEGI PEMBELAJARAN ISTINTAJIYAH (PENGAMBILAN KESIMPULAN)
Tuesday, July 8, 2014
Add Comment
Strategi ini
dapat dikombinasikan dengan metode lecturing (ceramah) sehingga peserta
didik dapat tetap berkonsentrasi mengamati materi sambil diselingi dengan berbagai
contoh untuk pemantapan materi.
Langkah-langkahnya
sebagai berikut:
1. Guru
memberikan contoh-contoh kalimat pola tertentu, misalnya fi’il fa’il dan
mubtada’ khabar sebagai berikut :
- Qala al-ustadzu
- Jalasa Ahmadu
- Al-ustadzu qala
- Ahmadu jalasa
2. Guru menjelaskan
kalimat nomor 1 dan 2, bahwa isim-isim yang digaris bawahi merupakan fail,
sedangkan fi’ilnya adalah kalimat sebelumnya.
3. Peserta didik
diminta membandingkan dengan kalimat nomor 3 dan 4 pada kata yang bergaris
bawah apakah kedudukannya sama dengan nomor 1 dan 2 atau tidak.
4. Setelah
peserta didik mengidentifikasi perbedaannya maka dijelaskan bahwa kalimat nomor
3 dan 4 adalah susuna mubtada’ khabar.
5. Untuk
memantapkan peserta didik diberi contoh lain dengan pola yang sama.
6.Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan
tindak lanjut.
0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN ISTINTAJIYAH (PENGAMBILAN KESIMPULAN)"
Post a Comment