STRATEGI PEMBELAJARAN ISTINTAJIYAH (PENGAMBILAN KESIMPULAN)


Strategi ini dapat dikombinasikan dengan metode lecturing (ceramah) sehingga peserta didik dapat tetap berkonsentrasi mengamati materi sambil diselingi dengan berbagai contoh untuk pemantapan materi.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Guru memberikan contoh-contoh kalimat pola tertentu, misalnya fi’il fa’il dan mubtada’ khabar sebagai berikut :
  • Qala al-ustadzu
  • Jalasa Ahmadu
  • Al-ustadzu qala
  • Ahmadu jalasa

2. Guru menjelaskan kalimat nomor 1 dan 2, bahwa isim-isim yang digaris bawahi merupakan fail, sedangkan fi’ilnya adalah kalimat sebelumnya.
3. Peserta didik diminta membandingkan dengan kalimat nomor 3 dan 4 pada kata yang bergaris bawah apakah kedudukannya sama dengan nomor 1 dan 2 atau tidak.
4. Setelah peserta didik mengidentifikasi perbedaannya maka dijelaskan bahwa kalimat nomor 3 dan 4 adalah susuna mubtada’ khabar.
5. Untuk memantapkan peserta didik diberi contoh lain dengan pola yang sama.
6.Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.

0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN ISTINTAJIYAH (PENGAMBILAN KESIMPULAN)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel