PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN


Ada beberapa prinsip yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan dan penggunaan setiap media. Namun demikian ada hal yang seragam bahwa setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan yang akan memberikan pengaruh kepada afektifitas program pembelajaran.
Drs. Sudirman N (1991) mengemukakan beberapa prinsip pemilihan dan penggunaan media pengajaran yang dibagi dalam 3 kategori, yaitu:
1.Tujuan pemilihan
memilih media yang akan digunakan harus berdasarkan maksud yang jelas. Tujuan pemilihan ini berkaitan dengan kemampuan berbagai media.
2.Karakteristik media pembelajaran
Setiap media mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari segi kemampuannya maupun cara penggunaannya. Memahami karakteristik media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh pendidik.
3.Alternative pilihan
Memilih pada hakikatnya adalah proses membuat keputusan dari berbagai pilihan. Pendidik bisa menentukan pilihan mana yang akan digunakan apabila terdapat beberapa media yang dapat dibandingkan.

Sedangkan prinsip-prinsip pemilihan dan penggunaan media pengajaran menurut Dr. Nana Sudjana (1991:104) diantaranya:
  1. Menentukan jenis media dengan tepat, sesuai dengan tujuan dan bahan yang diajarkan.
  2. Menetapkan atau memperhitungkan subjek dengan tepat. Perlu diperhitungkan apakah penggunaan media itu sesuai dengan tingkat kematangan peserta didik atau tidak.
  3. Menyajikan media dengan tepat. Teknik dan metode penggunaan media dalam pengajaran harus disesuaikan dengan tujuan, bahan metode, waktu dan sarana yang ada.
  4. Menempatkan dan memperlihatkan media pada situasi dan kondisi yang tepat.

0 Response to "PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel