PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Wednesday, September 17, 2014
Add Comment
Ada beberapa prinsip yang perlu anda
perhatikan dalam pemilihan dan penggunaan setiap media. Namun demikian ada hal
yang seragam bahwa setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan yang akan
memberikan pengaruh kepada afektifitas program pembelajaran.
Drs. Sudirman N (1991) mengemukakan
beberapa prinsip pemilihan dan penggunaan media pengajaran yang dibagi dalam 3
kategori, yaitu:
1.Tujuan pemilihan
memilih media yang akan digunakan harus berdasarkan maksud yang jelas.
Tujuan pemilihan ini berkaitan dengan kemampuan berbagai media.
2.Karakteristik media pembelajaran
Setiap media mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari segi kemampuannya
maupun cara penggunaannya. Memahami karakteristik media pembelajaran merupakan
kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh pendidik.
3.Alternative pilihan
Memilih pada hakikatnya adalah proses membuat keputusan dari berbagai
pilihan. Pendidik bisa menentukan pilihan mana yang akan digunakan apabila
terdapat beberapa media yang dapat dibandingkan.
Sedangkan prinsip-prinsip pemilihan dan
penggunaan media pengajaran menurut Dr. Nana Sudjana (1991:104) diantaranya:
- Menentukan jenis media dengan tepat, sesuai dengan tujuan dan bahan yang diajarkan.
- Menetapkan atau memperhitungkan subjek dengan tepat. Perlu diperhitungkan apakah penggunaan media itu sesuai dengan tingkat kematangan peserta didik atau tidak.
- Menyajikan media dengan tepat. Teknik dan metode penggunaan media dalam pengajaran harus disesuaikan dengan tujuan, bahan metode, waktu dan sarana yang ada.
- Menempatkan dan memperlihatkan media pada situasi dan kondisi yang tepat.
0 Response to "PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN"
Post a Comment