HAKIKAT EVALUASI PENDIDIKA ISLAM
Thursday, July 18, 2013
Add Comment
HAKIKAT EVALUASI PENDIDIKA ISLAM
- Hakikat Evaluasi Pendidikan Islam
Istilah evaluasi berasal dari bahasa
inggris evaluation yang dapat diartikan sebagai proses untuk menentukan nilai
sesuatu. Evaluasi mengandung 2 makna (1) measurement (pengukuran) suatu proses
memperoleh gambaran beberapa angka tingkatan cirri yang dimiliki individu, (2)
evaluation (penilaian) suatu proses mengumpulkan, menganalisis dan
menginterprestasikan informasi.
- Kegunaan Evaluasi Pendidikan Islam
Secara umum ada 4 yaitu:
Ø Segi pendidik
Ø Segi peserta didik
Ø Segi ahli fikir pendidikan Islam
Ø Segi politik pengambil keputusan pendidikan
Islam (pemerintah)
- Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam
Tujuan pelaksanaan evaluasi
pendidikan Islam adalah untuk mengetahui kadar pemilikan dan pemahaman peserta
didik terhadap materi pelajaran, baik dalam aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik. Yaitu sejauh mana ia telah bersungguh-sungguh dalam menjalankan
tugas untuk mencapai tujuan.
- Prinsip-prinsip Evaluasi Pendidikan Islam
Secara umum prinsip evaluasi
pendidikan mencakup sebagai berikut:
1)
Valid
2)
Berorientasi
pada kompetensi
3)
berkelanjutan
4)
menyeluruh
5)
bermakna
6)
adil dan
objektif
7)
terbuka
8)
ikhlas
9)
praktis
- Sistem Evaluasi dalam Pendidikan Islam
Secara umum sistem evaluasi
pendidikan Islam, yaitu:
Ø Untuk menguji daya kemampuan manusia beriman
terhadap berbagai macam problema kehidupan yang dihadapi
Ø Untuk mengetahui sejauh mana atau sampai dimana
hasil pendidikan wahyu yang telah disampaikan rosul kepada umat
Ø Untuk menentukan klasifikasi atau tingkat hidup
keislaman seseorang
Untuk mengukur daya kognisi.
0 Response to "HAKIKAT EVALUASI PENDIDIKA ISLAM"
Post a Comment