HAKIKAT EVALUASI PENDIDIKA ISLAM

HAKIKAT EVALUASI PENDIDIKA ISLAM
  1. Hakikat Evaluasi Pendidikan Islam
Istilah evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation yang dapat diartikan sebagai proses untuk menentukan nilai sesuatu. Evaluasi mengandung 2 makna (1) measurement (pengukuran) suatu proses memperoleh gambaran beberapa angka tingkatan cirri yang dimiliki individu, (2) evaluation (penilaian) suatu proses mengumpulkan, menganalisis dan menginterprestasikan informasi.
  1. Kegunaan Evaluasi Pendidikan Islam
Secara umum ada 4 yaitu:
Ø  Segi pendidik
Ø  Segi peserta didik
Ø  Segi ahli fikir pendidikan Islam
Ø  Segi politik pengambil keputusan pendidikan Islam (pemerintah)
  1. Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam
Tujuan pelaksanaan evaluasi pendidikan Islam adalah untuk mengetahui kadar pemilikan dan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Yaitu sejauh mana ia telah bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas untuk mencapai tujuan.
  1. Prinsip-prinsip Evaluasi Pendidikan Islam
Secara umum prinsip evaluasi pendidikan mencakup sebagai berikut:
1)      Valid
2)      Berorientasi pada kompetensi
3)      berkelanjutan
4)      menyeluruh
5)      bermakna
6)      adil dan objektif
7)      terbuka
8)      ikhlas
9)      praktis
  1. Sistem Evaluasi dalam Pendidikan Islam
Secara umum sistem evaluasi pendidikan Islam, yaitu:
Ø  Untuk menguji daya kemampuan manusia beriman terhadap berbagai macam problema kehidupan yang dihadapi
Ø  Untuk mengetahui sejauh mana atau sampai dimana hasil pendidikan wahyu yang telah disampaikan rosul kepada umat
Ø  Untuk menentukan klasifikasi atau tingkat hidup keislaman seseorang
Untuk mengukur daya kognisi.

0 Response to "HAKIKAT EVALUASI PENDIDIKA ISLAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel