ISLAM PRA KEMERDEKAAN INDONESIA
Monday, July 29, 2013
Add Comment
ISLAM
PRA KEMERDEKAAN INDONESIA
I.
PENDAHULUAN
Proses masuknya islam ke Indonesia pertama kali melalui
lapisan bawah, yakni mayarakat sepanjang pesisir utara. Dalam hal ini yang
membawa dan menperkenalka islam kepada masyarakat nusantara adalah para
saudagar-saudagar muslim, baik yang datang dari Gujarat
maupun yang datang dari arab dengan cara berdagang.[1]
Dari hubungan perdagangan inilah maka akhirnya mereka
saling mengenal dan terjadilah hubungan yang dinamis antara mereka. hubungan
yang dinamis ini dimanfaatkan oleh para saudagar sebagai momentum yang sangat
tepat untuk memperkenalkan islam dengan damai.
II.
RUMUSAN
MASALAH
A.
Proses
Masuknya islam ke Indonesia
B.
Pembawa
Islam ke Indonesia
C.
Kerajaan
islam pertama di Indonesia
D.
Kerajaan
Islam Dalam Menghadapi Penjajahan
E.
Ulama’
Sebagai Pemimpin Umat Islam di Indonesia
III.
PEMBAHASAN
A.
Proses
Masuknya Islam ke Indonesia
Latar belakang sejarah berkembangnya kelompok-kelompok
pedagang muslim di nusantara ini merupakan indikasi bahwa islam disebar luaskan
kepada masyarakat nusantra oleh paraq pedagang muslim. Mereka tidak semata
berdagang melainkan mereka juga berdakwah
Pada mulanya proses
penyebaran islam(terutama du pulau jawa) masih terbatas hanya di daerah pantai
namun sejak abad 15 kota
di dekat pantai, baik di jawa, sumatara maupun di daerah lain berubah menjadi
wilayah yang berpenduduk muslim
Dari uraian di atas
bahwa proses masuk islam ke nusantara(Indonesa) adalah melalui dua jalur yaitu
jalur darat dan jalur laut.
Melalui jalur darat
islam dibawa dari mekah melalui ba’dat menuju Kabul terus ke kasmir lalu singgah di
singkiang lalu di teruskan lagi ke zaitun( kanton). Kemudian dari daerah kanton
ini islam di bawa ke semenanjung malaka melalui daerah pesisir
Kemudioan melaui
jalur laut, mula-mula islam disebarkan dari jaddah menuju aden (sekarang
zaman) terus ke maskat dan raisut(keduanya termasuk daerah oman ). Dari oman lalu diteruskan ke
daerah kufah dan basrah (irak), Bandar akbar (iran), guader daibul (Pakistan)
meluas kepantai Malabar terus ke kodonggalor, ulamali (quinlon) dan kalicut (
semuanya masih termasuk wilayah India) menuju saptagram (dekat kalkuta) menuju
ke chittaghong (Bangladesh) dan akhyab (birma) kemudian dari birma ini akhirnya
islam sampai ke nusantara melalui dua jalur yaitu:
1.
melalui
malaka, patani, kantorn (cina selatan) kucing brunai dan akhirnya sampai
dikepulauan mindanau.
2.
perulak,
sasmudar pasai, kutaraja, lamuo, barus, padang
banten, jepara, gresik, ujung pandang ,
ternate dan tidore.
B.
Pembawa
Islam ke Indonesia
Para sejarawan menetapkan bahwa pembawa islam ke Indonesia ada dua golongan yaiotu
saudagar-saudagar dari Gujarat dan
saudagar-saudagar dari arab.[2]
1.
orang-orang
Gujarat , terbukti dengan:
a.
perdagangan
(hubungan dagang)
b.
ukir
–ukiran arab dalam kuburan islam di Indonesia
dengan motif Gujarat .
c.
Adanya
gelar syeh
2.
para
saudagar dari arab, dengan alas an:
d.
sudah
adanya perdagangan pantai antara arab dan Indonesia melalui lautan sebagai
terminal menuju cina
e.
francis
day dalambukunya the lord of pieverela, menyebutkan bahwa orang arab sudah lama
menetap di Malabar India ,
yaitu orang oman
dan hadaral maut
f.
telah ada
kelompok orang arab di Sumatra pada tahun 675
masehi sebagai utusan dari arab untuk
kunjungan ke kalingga.
C.
Kerajaan
Islam Pertama di Indonesia
1.
kerajaan
peureulak
kerajaan ini didirikan oleh dinasti sayyid azizah.
Perlak asal katanya peureulak, yaiatu sebutan selama dinasti itu berkuasa.
Rajanya yang pertama adalah aladin sayyid maulan aziz
syah. Dinasti ini mempunyai lima
generasi yang menguasai daerah perlak rajanya yang terakhir adalah sultan abdul
kadir syah johan, berkuasa pada tahun 918M-922M. pada waktu itu terjadi
perebutan kekuasaan dari dinasti azizah kepada dinasti maurah (makrat) dinasti
mahkrat adalah dinastti aceh asli yang sudah beragama islam kemudian mendirikan
kerajaaan perlak baru yang beribukota di tonang. Yaitu daerah dihulu sungai
tuon yang terkenal subur peristiwa ini terjadi pada tahun 922M.
Sejak itulah kerajaan pecah manjadi dua, pertama
berpusat di Bandar kholifah dan yang kedua berpusat di tonang (daerah
pedalaman)
2.
kerajaan
samudra pasai
samudra pasai adalah sebuah nama samudra yang kemudian
dipakai untuk nama kerajaan paertama di aceh yaitu kerajaan yang baerdiri di
pinggir pasai sesudah mendapat pengesahan dari syarif mahbah. Sultan yang pertama yaitu al-malik al-shaleh atau menantu raja perlak raj yang kedua yaitu
malika azzahir yang bersingga sana pada tahun 1297M-1326M kemudian
berturut-turut raja yang menggantikannya bergelar sultan zainal abidin yang
berkuasa dari 1348-1350M.
dai nama-nama
raja tersebut sudah menunjukan bahwa agama islam sudah dikenal oleh kalangan
kerajaan.
3.
kerajaan
aceh Darussalam.
Berdirinya kerajaan ini pada tanggal 12 dzul qo’dah 916H/1511M
dan pada saat itu juga malaka jatuh ketanga portugis. Kerajaan ini merupakan
fisi dari kerajaan samudra pasai dengan kerajaan kecil yang berada di aceh
barat.
Raja
yang pertama adalah sultan alaudin ali mughayyat syah dengan ibu kota kerajaan banda aceh
yang di kenal dengan aceh Darussalam. Ibu kota
kerajaan aceh Darussalam disamping sebagai pusat politik, juga sebagai pusat
ilmu pengetahuan, kedudayaan, dan sebagi kota
internasional yang ada di asia . Kerajaan
Darussalam juga sudah menjalin hubungan internasional, antarlain dengan cina,
eropa dan amerika.
Ketika
imperium barat berusah menahlukan Negara islam yang berhasil bertahan hanyalah
turki, maroko, isfahan , agar di India
dan aceh Darussalam di Indonesia.
Pada
saat itu aceh terdapat ulama’-ulama’ besar yang terkenal antara lain:
a.
syehk
hamzah fansyuri
b.syehk syamsudin al-sumantrani
c.
syehk nuruddin
arranawi
d.
syehk
abdurrouf tengku syiah kuala
e.
syehk
bukhori al-jauhari
D.
kerajaan
islam dalam menghadapi penjajahan.
Malaka jatuh
ketangan portugis pada tahun 1511M. dibawah pimpinan alfonso dealburque. Orang
portugis menjajah Indonesia
mempunyai beberapa motif antara laian:
a.
mmbalas
dendam terhadap umat islam atau meneruskan perang salib dalam rangka
menghancurkan islam
b.
penyebaran
agama. Hal ini dapat dilihat dari semboyan yang mengatakan “gospel, gold,
Gloria” yang artinya injil, dagang, dan kejayaan.
c.
Perdagangan
(ekonomi).
Motifasi
ini bisa dibuktikan dengan datangnya kapal-kapal portugis kenusantara pada
waktu itu membawa pendeta, pasukan angkatan perang lengkap dengan prajuritnya. Para pedagang baru ikut srta pada waktu kedatangan
portugis gelombang kedua.
Belanda memdarat
di banten pada tahun 1596M dibawah pimpinan jendral fan C De hautman motif
orang-orang belanda datang kenusantar antara lain:
a.
berdagang
b.
menjajah
c.
penyebaran
agama
matifasi
dapat dikaji dari kedatangannya kebanten prtama kali dengan mengadakan
perjanian dagang dan didalam kapalnya hanya ada para pedagang.
Setelah
prjanjian belanda dengan banten maka banten memberikan kantor dagang kepada belanda di sunda kelapa. Akan tetapi
mataran tidak setuju, karna tidak ingin kalau nanti orang asing menguai jawa.
Oleh karena itu mataram mengirimkan tentar kebatavia pada tahun 1662M untuk
menyerang belanda. Pada saat itu sultan agung hamper menang dan sudah mengepung
benteng belanda, tetapi karna belanda mendapat bantuan dari laut, maka mataram
dibawah pimpinan sultan agung dapat di pukul mundur.
E ulama’ sebagai pemimpin umat islam melawan belanda
Hubungan ulma’dengan santri dan masarakat pada umumnya sangat erat.
Santri dan ulamak merupakan tali persatuan yang sangat erat.karena charisma
kiyayi dan peran ganda yang dimilikinya.pada masa penjajahan belanda para
kiyayi terkenal sebagai tokoh pemimpin rakyat yang teguh dan senantiasa
menentang dan melawqan penjajahan dan segala bentuk penindasan yang di lakukan
oleh kaum penjajah terhadap rakyat Indonesia . Mereka sangat suolit
uyntuk di ajak kompromi meskipun dengan berbagai imbalan yang di tawarkan jika
mereka mau bekerja sama dan membantu pemerintah colonial belanda.
Tetapi dengan dilandasi pemahaman terhadap ajaran islam dan rasa cinta
tanah air dan bangsa yang sedemikiian kuat, maka para kyayi tidak mudah
tergoyahkan oleh bujuk rayu bangsa belada. Bahkan pahlawanan mereka se4makin
sengtit untuk mengusir pejajah belanda unuk meraih kemerdekaan Indonesia . Para kyayi bertsatu padu dengan para santrinya edan
masarakat untuk mengusir para penjajah dari bumi pertiwi. Mkaka lahirlah
pahlawan nasionalo yang juga di kenal sebagai ulama’ di jaman itu, seperti
imkam bonjok, dan pangeran dipo negoro.
IV KESIMPULAN
Proses
masuknya islam ke Indonesia
pertama kali melalui lapisan bawah, yakni mayarakat sepanjang pesisir utara
Dari hubungan perdagangan inilah maka akhirnya mereka
saling mengenal dan terjadilah hubungan yang dinamis antara mereka. hubungan
yang dinamis ini dimanfaatkan oleh para saudagar sebagai momentum yang sangat
tepat untuk memperkenalkan islam dengan damai.
islam sampai ke nusantara melalui dua jalur yaitu:
1. melalui malaka, patani, kantorn (cina selatan) kucing brunai dan
akhirnya sampai dikepulauan mindanau.
2. perulak, sasmudar pasai, kutaraja, lamuo, barus, padang
banten, jepara, gresik, ujung pandang ,
ternate dan tidore.
Kerajaan Islam Pertama di Indonesia
kerajaan peureulak
kerajaan samudra pasai
kerajaan aceh Darussalam.
V.PENUTUP
Demikiyan makalah yang dapat di tulis oleh pe3nyusun debngtan sebaik
baik nya, semoga makalah ini dapat menambah ilmu penulis khususnya dan p0ara
pembaca umumnya. Kami sadar dalam makalahn jauh dari kesempurnaan, oleh karna
itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harap0kan d3emi
kesempurnaan makalah kami selanjutnya.
VI.DAFTAR PUSTAKA
M. Yahya Harun, Sejarah Masuknya Islam di Indonesia, 1995,
yogyakarta, Karunia kalam Semesta, hlm
0 Response to "ISLAM PRA KEMERDEKAAN INDONESIA"
Post a Comment