HAKIKAT STRATEGI DALAM PENDIDIKAN
Thursday, March 20, 2014
Add Comment
HAKIKAT
STRATEGI DALAM PENDIDIKAN
Secara
terminologi “stretegi” berasal dari bahasa Inggris “strategy” yang oleh As Hornby dalam Oxford Advande
Learners Dictionary, (Oxford University Press: 1997) disebutkan sebagai “the
art of planning operation in war, especially of the movement of armies and
navies into favourable positions for fighting” yang artinya “seni dalam
gerakan-gerakan pasukan darat dan laut untuk menempati posisi-pssisi yang
menguntungkan dalam pertempuran ”.
Strategi
menurut Poerwadarminta adalah sebagai berikut:
1.
Ilmu siasat perang
2.
Siasat perang
3.
Bahasa Pembicaraan akal
(tipu muslihat) untuk mencapai suatu maksud
Sedangkan jika
ditilik dari akar katanya, “strategi” berasal dari bahasa Yunani “strategos”
yang artinya “The art of the general”, “seninya sorang jendral atau
panglima”, sehingga strategi dapat diartikan sebagai ilmu kejendralan atau ilmu
kepanglimaan.
Sedangkan
menurut Wikipedia dinyatakan bahwa strategi adalah: A long term plan
of action achieve a particular goal, most often “winning”, artinya sebuah
rencana aksi jangka panjang yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu, yang
paling sering “unggul”. Strategi, secara umum adalah rencana tentang
serangkaian maneuver, yang mencakup seluruh elemen yang kasat mata maupun tak
kasat mata, untuk menjamin keberhasilan mencapai tujuan.
Jika strategi
dimasukkan dalam dunia pendidikan secara makro dalam skala global, maka
strategi merupakan kebijakan-kebijakan yang mendasar dalam pengembangan
pendidikan sehingga tercapai tujuan pendidikan secara lebih terarah , lebih
efektif dan efisien. Jika dilihat secara mikro dalam strata operasional
khususnya dalam proses belajar mengajar maka pengertiannya adalah
“langkah-langkah tindakan yang mendasar dan berperan besar dalam proses belajar
mengajar untuk mencapai sasaran pendidikan”.
Melihat
pengertian strategi sebagaimana disebut di atas, maka strategi dapat
disimpulkan sebagai suatu cara yang disusun secara matang untuk mencapai suatu
sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan. Walaupun istilah “strategi” berasal
dari dunia militer, namun secara empiric, strategi dibutuhkan oleh setiap
organisasi atau lembaga, termasuk pendidikan dan pengajaran. Menurut
Ensiklopedia Pendidikan, strategi ialah the art of bringing forces to the
battle field in favourable position (W. Guwo, 1987). Dalam pengertian
strategi ini adalah suatu seni, yaitu seni membawa pasukan ke dalam medan
tempur dalam posisi yang paling menguntungkan.
Menurut Newman
dan Logan yang dikutip oleg Tabrani (1989:165) strategi dasar setiap usaha
meliputi empat hal yaitu:
1.
Pengidentifikasian dan
penetapan spesifikasi dari kualifikasi tujuan yang akan dicapai
2.
Pertimbangan dan pemilihan
cara pendekatan utama yang dianggap ampuh untuk mencapai sasaran
3.
Pertimbangan dan penetapan
langkah-langkah yang ditempuh sejak titik awal pelaksanaan sampai akhir
pencapaian sasaran
Pertimbangan dan penetapan tolak ukur untuk
mengukur taraf keberhasilan sesuai dengan tujuan yang dijadikan sasaran.
0 Response to "HAKIKAT STRATEGI DALAM PENDIDIKAN"
Post a Comment