HAKIKAT STRATEGI DALAM PENDIDIKAN

HAKIKAT STRATEGI DALAM PENDIDIKAN

Secara terminologi “stretegi” berasal dari bahasa Inggris “strategy”  yang oleh As Hornby dalam Oxford Advande Learners Dictionary, (Oxford University Press: 1997) disebutkan sebagai “the art of planning operation in war, especially of the movement of armies and navies into favourable positions for fighting” yang artinya “seni dalam gerakan-gerakan pasukan darat dan laut untuk menempati posisi-pssisi yang menguntungkan dalam pertempuran ”.
Strategi menurut Poerwadarminta adalah sebagai berikut:
1.       Ilmu siasat perang
2.       Siasat perang
3.       Bahasa Pembicaraan akal (tipu muslihat) untuk mencapai suatu maksud
Sedangkan jika ditilik dari akar katanya, “strategi” berasal dari bahasa Yunani “strategos” yang artinya “The art of the general”, “seninya sorang jendral atau panglima”, sehingga strategi dapat diartikan sebagai ilmu kejendralan atau ilmu kepanglimaan.
Sedangkan menurut Wikipedia dinyatakan bahwa strategi adalah: A long term plan of action achieve a particular goal, most often “winning”, artinya sebuah rencana aksi jangka panjang yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu, yang paling sering “unggul”. Strategi, secara umum adalah rencana tentang serangkaian maneuver, yang mencakup seluruh elemen yang kasat mata maupun tak kasat mata, untuk menjamin keberhasilan mencapai tujuan.
Jika strategi dimasukkan dalam dunia pendidikan secara makro dalam skala global, maka strategi merupakan kebijakan-kebijakan yang mendasar dalam pengembangan pendidikan sehingga tercapai tujuan pendidikan secara lebih terarah , lebih efektif dan efisien. Jika dilihat secara mikro dalam strata operasional khususnya dalam proses belajar mengajar maka pengertiannya adalah “langkah-langkah tindakan yang mendasar dan berperan besar dalam proses belajar mengajar untuk mencapai sasaran pendidikan”.
Melihat pengertian strategi sebagaimana disebut di atas, maka strategi dapat disimpulkan sebagai suatu cara yang disusun secara matang untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan. Walaupun istilah “strategi” berasal dari dunia militer, namun secara empiric, strategi dibutuhkan oleh setiap organisasi atau lembaga, termasuk pendidikan dan pengajaran. Menurut Ensiklopedia Pendidikan, strategi ialah the art of bringing forces to the battle field in favourable position (W. Guwo, 1987). Dalam pengertian strategi ini adalah suatu seni, yaitu seni membawa pasukan ke dalam medan tempur dalam posisi yang paling menguntungkan.
Menurut Newman dan Logan yang dikutip oleg Tabrani (1989:165) strategi dasar setiap usaha meliputi empat hal yaitu:
1.       Pengidentifikasian dan penetapan spesifikasi dari kualifikasi tujuan yang akan dicapai
2.       Pertimbangan dan pemilihan cara pendekatan utama yang dianggap ampuh untuk mencapai sasaran
3.       Pertimbangan dan penetapan langkah-langkah yang ditempuh sejak titik awal pelaksanaan sampai akhir pencapaian sasaran
Pertimbangan dan penetapan tolak ukur untuk mengukur taraf keberhasilan sesuai dengan tujuan yang dijadikan sasaran.

Related Posts

0 Response to "HAKIKAT STRATEGI DALAM PENDIDIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel