PEMBELAJARAN IPS SD
Thursday, March 20, 2014
Add Comment
PEMBELAJARAN
IPS SD/MI
Ilmu
pengetahuan sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di
tingkat SD/MI/SDLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan
generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.Pada jenjang SD/MI, mata
pelajaran IPS menurut geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.Melalui mata
pelajaran IPS, peserta didik diarahkanuntuk dapat menjadi warga masyarakat yang
menghargai nilai-nilai sosial, bertanggung jawab, mencintai lingkungan alam,
dan menjadi warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang,
peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat
global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu, mata pelajaran
IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan
analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan
bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun
secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan
di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut, diharapkan peserta didik akan
memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang
berkaitan.
Mengacu kepada tujuan
pembelajaran IPS yang tercantum di dalam Standar Isi dan Standar Kompetensi
Lulusan, maka pembelajaran IPS
dilakukan agar peserta didik dapat mencapai kompetensi-kompetensi berikut:
1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan
masyarakat dan lingkungannya.
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logi dan kritis,
rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam kehidupan
sosial.
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial
dan kemanusian.
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan
berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional, dan
global.
Walau memiliki tujuan yang sangat mulia, kualitas pembelajaran
IPS seringkali jauh dari harapan.Para guru menghadapi masalah klasik, seperti
rendahnya prestasi peserta didik serta kurangnya motivasi atau keinginan
terhadap pelajaran IPS di sekolah. Hal ini terjadi karena para peserta didik
umumnya menganggap IPS adalah pelajaran yang susah karena banyak materi yang
harus dihafalkan.
Umumnya, para guru menyajikan
IPS dengan kaku dan cenderung membosankan. Guru hanya menyampaikan informasi
yang dibacanya dari buku sementara peserta didik disuruh mendengarkan dan
mencatat. Guru tidak mendorong peserta didik untuk menggali strategi sendiri.
Padahal pelajaran IPS sebetulnya berisi fakta dan peristiwa yang sangat dekat
dengan kehidupan peserta didik.Oleh karena itu, sudah semestinya pelajaran IPS
menarik dan menyenangkan. Peserta didik dapat mengungkapkan apa yang dilihat
atau dialami dan kemudian membandingkannya dengan konsep-konsep dalam IPS.
Terlihat bahwa persoalan utama guru adalah pada metode
belajar mengajar.Para guru umumnya merancang pembelajarannya tidak berdasarkan
pada analisis kesesuaian antara tipe isi pelajaran dengan tipe kinerja
(performansi) yang menjadi sasaran belajar.Padahal keefektifan suatu metode
pembelajaran sangat ditentukan oleh kesesuaian antara tipe isi dengan tipe
performansi.
Gagne dan Briggs (1979)
mengatakan bahwa suatu hasil belajar memerlukan kondisi belajar internal dan
kondisi belajar eksternal yang berbeda. Oleh karena itu, suatu metode
pembelajaran yang digunakan sering kali hanya
cocok untuk belajar tipe isi tertentu di bawah kondisi tertentu dan untuk
belajar tipe isi yang lain di bawah kondisi yang lain, diperlukan metode
pembelajaran yang berbeda (Degeng, 1989).
Walaupun demikian, harus diakui
bahwa kendala yang dihadapi oleh guru untuk menghasilkan metode atau model
pembelajaran IPS yang efektif ialah fakta bahwa guru berhadapan dengan materi
IPS yang memiliki cakupan sangat kompleks. Guru umumnya mengalami kesulitan
untuk menstruktur dan
mensistematisasikan materi pelajaran IPS secara cermat berdasarkan tipe isi
dalam kaitannya dengan tujuan pembelajaran.ini tentu tidak mudah karena
menuntut pengetahuan dan ketrampilan merancang pembelajaran (desain
pembelajaran).
Mempelajari
IPS berarti mempelajari berbagai konsep dan proses yang berhubungan dengan IPS.
Proses IPS dapat dijabarkan ke dalam ketrampilan berfikir atau ketrampilan
dasar.Dalam mata pelajaran IPS,
peserta didik secara bertahap dibimbing agar memiliki ketrampilan dasar IPS
yang digunakan untuk mengenal dan memahami berbagai konsep IPS.
0 Response to "PEMBELAJARAN IPS SD"
Post a Comment