Pengertian Hasil Belajar

 Hasil Belajar

Hasil belajar memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Penilaian di dalam hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru mengenai kemajuan peserta didik dalam upaya mencapai tujuan proses belajar mengajar sampai sejauh mana kemajuan ilmu pengetahuan yang telah mereka kuasai.
Hasil belajar atau prestasi belajar dalam proses belajar mengajar tergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar. Faktor-faktor tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1)   Faktor Intern (berasal dari dalam peserta didik)
a)    Kondisi Fisiologis meliputi kesehatan dan cacat tubuh
b)   Kondisi Psikologis meliputi kecerdasan, bakat minat, motivasi dan perhatian.
2)   Faktor Ekstern (berasal dari luar peserta didik)
a)    Faktor Lingkungan meliputi lingkungan alam dan lingkungan sosial.
b)   Faktor Instrumental yaitu faktor yang adanya dan penggunaannya dirancang sesuai hasil yang diharapkan. Faktor ini meliputi kurikulum, sarana prasarana dan guru.
Suatu proses belajar diharapkan menghasilkan sesuatu yang disebut hasil belajar. Hasil belajar itu dapat berupa ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat diklasifikasikan ke dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah ia menerima pengalaman belajar. Selain itu dalam buku lain disebutkan bahwa hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan.

Related Posts

0 Response to "Pengertian Hasil Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel