Pengertian Hasil Belajar
Tuesday, March 25, 2014
Add Comment
Hasil Belajar
Hasil
belajar memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Penilaian di
dalam hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru mengenai kemajuan
peserta didik dalam upaya mencapai tujuan proses belajar mengajar sampai sejauh
mana kemajuan ilmu pengetahuan yang telah mereka kuasai.
Hasil
belajar atau prestasi belajar dalam proses belajar mengajar tergantung pada
berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar. Faktor-faktor tersebut dapat
dikelompokkan sebagai berikut:
1)
Faktor Intern (berasal dari
dalam peserta didik)
a)
Kondisi Fisiologis meliputi
kesehatan dan cacat tubuh
b)
Kondisi Psikologis meliputi
kecerdasan, bakat minat, motivasi dan perhatian.
2)
Faktor Ekstern (berasal dari
luar peserta didik)
a)
Faktor Lingkungan meliputi
lingkungan alam dan lingkungan sosial.
b)
Faktor Instrumental yaitu
faktor yang adanya dan penggunaannya dirancang sesuai hasil yang diharapkan.
Faktor ini meliputi kurikulum, sarana prasarana dan guru.
Suatu proses belajar
diharapkan menghasilkan sesuatu yang disebut hasil belajar. Hasil belajar itu
dapat berupa ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat diklasifikasikan
ke dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang
dimiliki peserta didik setelah ia menerima pengalaman belajar. Selain itu dalam
buku lain disebutkan bahwa hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai,
pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan.
0 Response to "Pengertian Hasil Belajar"
Post a Comment