DASAR PERTIMBANGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Wednesday, September 17, 2014
Add Comment
Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik. Media
yang akan digunakan dalam proses pembelajaran itu juga memerlukan perencanaan
yang baik. Oleh karena itu pemilihan media sangat penting. Pemilihan media
pembelajaran juga ditentukan apakah media yang akan digunakan sesuai atau cocok
dengan karakteristik materi yang akan disajikan dan dapat menarik perhatian
peserta didik. Beberapa penyebab mengapa orang memilih media yaitu (a) merasa
sudah akrab dengan media tersebut, misalnya seorang dosen/guru yang sudah
terbiasa menggunakan proyektor, (b) ingin memberikan penggambaran atau
penjelasan yang lebih konkrit, (c) merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari
yang dilakukannya, contohnya untuk menarik minat atau semangat belajar peserta
didik. Jadi, dasar pertimbangan untuk memilih media yaitu dapat memenuhi
kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan dari suatu pembelajaran. Seperti
yang dikatakan oleh Mc. Comel (1974) bahwa jika media itu sesuai, maka pakailah
“if the medium fits, use it”.
Beberapa pertimbangan pemilihan media diantaranya: tujuan
instruksional yang ingin dicapai, karakteristik peserta didik atau sasaran,
jenis rangsangan yang diinginkan, keadaan latar atau setting dan luasnya jangkauan
yang ingin dilayani.
Menurut Dr. Azhar Arsyad, M.A menyatakan dalam bukunya Media
Pembelajaran (2010), bahwa factor-faktor dalam mempertimbangkan pemilihan
media pembelajaran yaitu:
1.Hambatan
pengembangan dan pembelajaran yang meliputi: dana, fasilitas, peralatan yang
tersedia, dan waktu yang tersedia (durasi/waktu mengajar dan pengembangan
materi dan media).
2.Hambatan
dari sisi peserta didik dengan mempertimbangkan kemampuan dan ketrampilan awal,
yang dimaksud adalah mengenali karakteristik peserta didik.
3.Tingkat
kesenangan (preferensi lembaga, guru, dan peserta didik).
4.Media
sekunder, media ini dapat menunjang media primer (utama) yang pengajar
terapkan. Dengan menggunakan media yang beragam, peserta didik mempunyai
kesempatan untuk memahami atau memilih media mana yang tepat dengan cara
pemahamannya.
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip
psikologi yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan dan penggunaan media
adalah sebagai berikut:
1.Motivasi, harus ada kebutuhan, minat, atau keinginan untuk belajar dari
peserta didik
2.Perbedaan Individual, jika peserta didik dengan cara dan kecepatan
yang berbeda, maka dari itu pengajar haru peka untuk menyajikan informasi
melalui media yang sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik.
3.Tujuan Pembelajaran, jika peserta didik diberitahukan akan tujuan
pembelajaran, kesempatan mereka untuk berhasil dalam pembelajaran semakin
besar.
4.Organisasi
Isi, pembelajaran akan lebih mudah jika pengajar menyampaikan materi
secara beruntut.
5.Persiapan
sebelum Belajar, peserta didik
sebaiknya telah menguasai secara baik pelajaran dasar dari materi yang akan
diajarkan.
6.Emosi, pmbelajaran yang melibatkan emosi dan perasaan pribadi sangat
berpengaruh.
7.Partisipasi, agar pmbelajaran berlangsung dengan baik, peserta didik harus
menginternalisasi informasi, tidak sekedar menerima.
8.Umpan
Balik, hasil belajar dapat meningkat
apabila secara berkala peserta didik diberi informasi tentang progress
belajarnya. Hal ini dapat menjadi motivator belajar peserta didik untuk lebih
berprogres lagi.
9.Latihan
dan Pengulangan, suatu hal
yang bau jarang kali dapat dipelajari secara sekilas, namun diperlukan latihan
dan pengulangan agar dapat tinggal dalam ingatan jangka panjang.
Penerapan,
setelah melalui proses yang begitu panjang maka proses terakhir dari suatu
pembelajaran adalah penerapan. Tanpa dapat melakukan ini peserta didik dianggap
belum menguasai pemahaman secara sempurna.
0 Response to "DASAR PERTIMBANGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN"
Post a Comment