FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Friday, June 27, 2014
Add Comment
Pengembangan kurikulum sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya adalah faktor perguruan tinggi, faktor masyarakat dan faktor
system nilai. Sedangkan pengembangan kurikulum
pendidikan agama Islam dipengaruhi adanya beberapa faktor, yaitu:
Kajian Ilmu
Di antara faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum pendidikan
agama Islam adalah faktor kajian ilmu yang dilakukan oleh para akademisi yang
mengkaji secara mendalam tentang pendidikan agama Islam, sehingga akan
dirumuskan sebuah paradigm system dari keseluruhan kegiatan belajar mengajar,
terutama adalah yang ada pada pendidikan tinggi agama Islam Fakultas Tarbiyah,
baik jurusan Pendidikan Agama Islam, Kependidikan Islam maupun jurusan-jurusan
lain. Melalui berbagai kegiatan diskusi, seminar, lokakarya maupu penelitian secara khusus dalam pengkajian
itu. Selain oleh para akademisi, secara khusus Departemen Agama Republik Indonesia
juga memiliki badan kajian, penelitian dan pengembangan terhadap
lembaga-lembaga pendidikan Islam. Di samping itu dalam tataran pelaksanaannya
diadakan kajian dan pembahasan oelh kelompok guru bidang studi pendidikan agama
Islam oelh guru-guru agama Islam di tingkat lembaga pendidikan.
Tuntutan Masyarakat
Di samping faktor kajian ilmu, tuntutan masyarakat sangat menentukan
pengembangan kurikulum, karena pendidikan sebenarnya adalah menjawab terhadap
apa yang dikehendaki oleh masyarakat, sehingga pengembangan kurikulum sangat
dipengaruhi oleh segala perkembangan yang ada dalam masyarakat sesuai dengan
ungkapan future and community oriented, yaitu pengembangan yang
berorientasi pada kebutuhan masyarakat.
Situasi dan Kondisi
Faktor situasi dan kondisi juga mempengaruhi terhadap pengembangan kurikulum
pendidikan agama Islam, baik situasi dan kondisi lingkungan masyarakat maupun
situasi dan kondisi sebuah institusi. Misalnya lingkungan masyrakat yang
kualitas relegiustasnya tinggi akan menuntut pemberian materi PAI dari tingkat
rendah pula. Sedangkan kondisi sebuah institusi sesuai dengan visi dan misinya
akan mempengaruhi luas dan sempit materi kurikulum PAI yang akan diberikan
kepada peserta didik.
Syar’i
Faktor ini sebenarnya adalah sebuah keharusan dalam tuntutan agama,
salah satu contoh adalah dalam mengajarkan persoalan darah haed bagi
wanita, yang dalam GBPP itu seharusnya diajarkan pada kelas V dan VI SD
ternyata perkembangan berikutnya anak kelas III atau IV sudah ada beberapa yang
mengalami hal tersebut, maka secara syar’I materi tersebut harus dikembangkan
dan diajarkan pada peserta didik kelas tersebut dan seterusnya.
0 Response to "FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM"
Post a Comment