HAKIKAT KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM
Thursday, July 18, 2013
Add Comment
HAKIKAT KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM
- Pengertian Kurikulum Pendidikan Islam
Kurikulum adalah landasan yang
digunakan pendidik untuk membimbing peserta didiknya kearah tujuan yang
diinginkan melalui akumulasi sejumlah, ketrampilan dan sikap mental.
- Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Islam
Kurikulum dasar pendidikan Islam ada
2, yaitu:
Ø Sesuai dengan tuntutan Al-Qur’an bahwa yang
menjadi kurikulum inti pendidikan Islam adalah “tauhid”, dan harus dimantapkan
sebagai unsur pokok yang tidak dapat dirubah
Ø Kurikulum inti selanjutnya adalah perintah
“membaca” ayat-ayat Allah yang meliputi tiga macam ayat yaitu:
1.
Ayat Allah
yang berdasarkan wahyu
2.
Ayat Allah
yang ada pada diri manusia dan
3.
Ayat Allah
yang terdapat di alam semesta di luar diri manusia
- Asas-asas kurikulum pendidikan Islam
Berikut asas / dasar kurikulum
pendidikan Islam:
Ø Asas Agama
Ø Asas Falsafat
Ø Asas
Psikologi
Ø Asas Sosial
Ø Asas organisatori
- Prinsip-prinsip Kurikulum Pendidikan Islam
Menurut Omar Mohammad Al-Toumy
Al-Syaibany menyebutkan 7 prinsip dalam penyusunan kurikulum pendidikan Islam,
yaitu:
Ø Adanya pertautan/keterkaitan yang sempurna
antara seluruh komponen dengan nilai-nilai ajaran Islam
Ø Bersifat universal dalam arti berdimensi
jasmaniah dan rohaniah, individu dan sosial, akidah dan akal/pikiran serta
menyangkut seluruh pengetahuan, ketrampilan dan kepribadian yang dibutuhkan
Ø Memiliki keseimbangan relatif antara
tujuan-tujuan dan kandungan kurikulum
Ø Prinsip keterkaitan (relevansi) antara bakat,
minat, kemampuan-kemampuan, dengan kebutuhan peserta didik
Ø Mengakui adanya perbedaan/keragaman antar
individu peserta didik
Ø Dapat mengakui atau menyesuaikan diri dengan
perkembangan perubahan dunia pendidikan
Ø Antara mata pelajaran harus saling terkait.
- Ciri-ciri Kurikulum Pendidikan Islam
Menurut Omar Mohammad Al-Toumy
Al-Syaibany ada lima ciri-ciri kurikulum pendidikan Islam, yaitu:
Ø Menonjolkan tujuan dan akhlak pada berbagai
tujuan dan kandungannya, metode-metode, alat-alat, dan tekniknya bercorak agama
Ø Meluas secakupnya dan menyeluruh kandungannya
Ø Bersikap seimbang di antara berbagai ilmu yang
dikandung dalam kurikulum yang akan digunakan
Ø Bersikap menyeluruh dalam agama menata seluruh
mata pelajaran yang diperlukan oleh anak didik
Kurikulum yang disusun selalu disesuaikan dengan
minat dan bakat anak didik.
0 Response to "HAKIKAT KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM"
Post a Comment